A great WordPress.com site

CHALLENGE #2 : KEJAR AURORA

Yay akhirnya bulan ini sempet ngeblog juga setelah sekian lama hiatus hahaha… tentunya blogpost ini spesial untuk diikut sertakan dalam challenge #2 dari Mbak Winda Krisnadefa.

Jadi keingetan waktu bulan lalu, dikasih tugas bikin dokumenter gitu deh sama guru mata pelajaran penyutradaraan, dokumenternya bebas sih mau tema tentang apa aja. Kebetulan ada salah satu kelompok yang mengangkat sebuah dokumenter dengan tema yang pas untuk challenge #2 Mbak Winda Krisnadefa ini. Maka dari itu sekarang izinkan saya untuk sedikit membagi informasi kepada para readers semua.

Belajar adalah salah satu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh manusia. Sebagaimana dikatakan dalam sabda Rasulullah S.A.W :
“Tuntutlah ilmu dari buaian hingga ke liang lahat”
“Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap muslim dan muslimat”
“Tuntutlah ilmu sampai ke negeri China”

Belajar dengan tujuan untuk memperoleh kebaikan kelak akan dicatatkan sebagai amal soleh oleh malaikat rakib dan senantiasa akan mendapat ganjaran kebaikan disisi Tuhan. Langsung aja nih saya pengen cerita tentang salah satu komunitas di Cihanjuang yang kebanyakan anggotanya mahasiswa-mahasiswa kreatif, cerdas, imut, ganteng, cantik, baik, dan so pasti gaul. Komunitas mahasiswa ini mendirikan sebuah kelompok belajar untuk masyarakat di Cihanjuang.

rff

“KEJAR AURORA” adalah kelompok belajar yang disegmentasikan untuk teman-teman yang masih duduk dibangku TK sampai SD kelas 6. Ide pembuatan kelompok belajar ini bermula dari cita-cita Kak Puji Prabowo yang ingin mendirikan sebuah sekolah, berkat gagasannya itu maka dibentuklah kelompok belajar ini bersama teman-teman komunitasnya. Kelompok belajar Aurora, bukan sembarang kelompok belajar biasa, disini setiap siswa berkesempatan untuk mendapatkan soft skill atau pelajaran tambahan diluar sekolah. Setiap siswa akan diajarkan untuk berimajinasi, bagaimana berbicara di depan umum, mengungkapkan pendapat, menjalin hubungan sosial yang baik, dan pelajaran lain yang tidak didapatkan di sekolah formal.

iuii

Siapapun bisa masuk untuk menuntut ilmu di kelompok belajar ini, gratis tidak dipungut biaya apapun, asalkan siswa yang mau ikut belajar harus memenuhi persyaratan umur yang diminta. Kejar Aurora merupakan tempat dimana kita bisa berbagi dan menggali ilmu bersama-sama. Tempat ini semata-mata dibentuk dengan tujuan sebagai wadah bagi teman-teman yang memiliki keterbatasan biaya.

Kejar Aurora ini dulu berlokasi di daerah Sarijadi dengan menyewa ruko ukuran 2 x 4 meter yang diberi nama ruang imajinasi. Namun sekarang, untuk kegiatan belajar, Kejar Aurora sudah mendapat tempat yang luas di tanah milik perusahaan bandrek Cihanjuang dengan suasana yang nyaman, asri, dan menarik, sehingga setiap siswa bisa lebih leluasa untuk melakukan aktivitasnya.

Denah lokasi ini dibuat oleh kelompok dokumenter Kejar aurora

Denah lokasi ini dibuat oleh kelompok dokumenter Kejar aurora

Meskipun pengajarnya datang atas dasar sukarela (nggak dibayar) tapi hal ini nggak membuat pengajarnya untuk malas membimbing anak didiknya mencari ilmu. Dana yang digunakan untuk biaya operasional sehari-hari pun didapat dari pengajarnya sendiri, mereka mendapatkan uang dari menjual buku, menjual, kaos, dan dana dari Kakak Asuh (donator) setiap bulannya.

l

Berikut adalah kegiatan-kegiatan menarik di Kejar Aurora :

uouou

rrr

uu

UJ

jiijui

Biasanya sebelum mulai belajar anak-anak pasti disuruh untuk berimajinasi dulu, bikin sebuah gambar gitu apa aja yang ada di dalam pikirannya, habis gitu yang mau maju kedepan dan menceritakan gambarnya bakalan dikasih hadiah gitu, macem-macem kadang dikasih permen, coklat, dll.

Nah, kegiatan berenang ini biasanya diadakan sebulan sekali pada hari minggu

ij

oi

Suasana belajar Kejar Aurora.

d

iioii

ooiououio

Belajar sambil bermain memang merupakan konsep dari kelompok belajar Kejar Aurora , hal ini dimaksudkan agar para siswa tidak merasa bosan. Kak Puji, Kak Anggia, Kak Munzir, Kak Ebbie, Kak Yusuf, Kak Ica, dan Kak Dilla, adalah para pengajar di Kejar Aurora ini. Nah, yang mau datang ke Kejar Aurora ini langsung aja deh mampir ke Cihanjuang Bandung deket pabrik bandrek Cihanjuang, atau bisa juga menghubungi Founder and Managing Director of Kejar Aurora yaitu Kak Puji Prabowo di pujiprabowo5@gmail.com atau di twitter @kejarAURORA

Mungkin itu aja sih, yang bisa aku share semoga bisa memotivasi kita untuk memajukan bangsa dan negara ini, juga menambah semangat kita untuk belajar dan menuntut ilmu meskipun pendidikan di Indonesia lagi simpang siur dan gak jelas. Thanks.

banner lomba

“Blogpost ini diikutsertakan dalam Lomba Ultah Blog Emak Gaoel”

Iklan

One response

  1. belalang cerewet

    Lihat anak-anak tertawa bahagia rasanya nyamaan. Salut untuk para relawan dan donatur. Semoga semakin kuat dan dberi kemudahan 🙂

    Desember 25, 2013 pukul 7:35 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s